Contoh dan Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara

Loading...
Contoh dan Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara. Berbangsa dan bernegara merupakan suatu konsep atau istilah yang menunjukkan seseorang individu terikat dan atau menjadi bagian dari suatu bangsa (nation) dan Negara (state) tertentu. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Indonesia mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasi keikhlasan/ kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.

Contoh Penurunan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara
  1. Ketidakharmonisan interaksi antar lembaga-lembaga negara (misalnya Polisi dengan KPK).
  2. Konflik kekerasan antar aparat pemerintah (Misalnya TNI dengan Polisi) 
  3. Interkasi antar sekelompok masyarakat tertentu dengan pemerintah sering berujung tindak anarkis. 
  4. Kekerasan antar antar pihak dalam kelompok warga menjadi pemandangan umum 
  5. Munculnya teroris yang mangatasnamakan agama. 
  6. Merebaknya aktivitas kelompok NII (Negara Islam Indonesia.) 
  7. Gerakan separatis (Misalnya Papua).
Pentingnya Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara

Membangun Atau Meningkatkan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara
Membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kepada pemuda merupakan hal yang sangat penting, karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan panjang bangsa ini. Kesadaran berbangsa dan bernegara jangan diperkirakan hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam penerapannya, pemuda lebih kreatif dalam menerapkan arti sadar berbangsa dan bernegara ini dalam kehidupannya tanpa menghilangkan hakekat kesadaran berbangsa dan bernegara itu sendiri

1. Melalui Keluarga Besar

Keluarga inti merupakan unsur utama dan sangat penting terbentuknya kelompok masyarakat dan bangsa. Melalui keluarga maka nilai-nilai kehidupan dikenalkan pada anak. Melalui keluarga maka anak dapat belajar hidup dan akan mewariskan nilai-nilai kehidupan dan budaya yang dianut dalam suatu keluarga, masyarakat dan bangsa.

2. Peran Orang Tua
Orang tua harus mempunyai kesadaran dan memberikan contoh bersikap dan berperilaku yang menjunjung tinggi pluralitas. Orang tua harus mempunyai semangat dan sikap berdemokrasi. Orang tua yang dapat membangun budaya berdemokrasi dalam keluarga akan membawa pengaruh positif pada kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Sosialisasi melalui media massa
Media massa mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam membangun masyarakat multikultur karena perannya yang sangat potensial untuk mengangkat opini publik sekaligus sebagai wadah berdialog antar lapisan masyarakat.Terkait dengan isu keragaman budaya (multikulturalisme),

4. Melalui Organisasi
Memberikan keteladanan keikhlasan/ kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia. Mempunyai semangat dan sikap berdemokrasi dalam pergaulan mempunyai kesadaran dan memberikan contoh bersikap dan berperilaku yang menjunjung tinggi pluralitas.

5. Melalui pendidikan
Dapat berpartisipasi aktif dalam proses penyusunan kurikulum pendidikan yang bermuatan kesadaran berbangsa dan bernegara. Dapat berpartisipasi langsung sebagai tenaga pendidikan (guru) yang berwawasan kebangsaan. Apabila anda seorang siswa anda dapat menjadi teladan siswa dalam rangka meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Perilaku atau Sikap kesadaran berbangsa dan bernegara

Contoh Perilaku atau Sikap kesadaran berbangsa dan bernegara di lingkungan sekolah:
1. Menghargai perbedaan suku, agama dan status sosial antar teman.
2. Ikut upacara bendera
3. Mematuhi peraturan sekolahan.
4. Belajar dengan baik.

Contoh Perilaku atau Sikap kesadaran berbangsa dan bernegara di lingkungan keluarga, masyarakat dan Negara antara lain:
1. Menghargai perbedaan suku agama dan status sosial.
2. Melaksanakan kewajibannya di masyarakat seperti gotong royong dan ikut siskamling.
3. Mematuhi peraturan yang ada dimanapun anda berada.
4. Menghargai aturan pemerintah.
Loading...

0 Response to "Contoh dan Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara"

Post a Comment

close
Loading...