Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara dan Solusinya

Loading...
Banyak sekali contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara yang ada di negara indonesia ini. Pengingkaran kewajiban warga negara merupakan suatu pelanggaran yang dilakukan warga negara terhadap kewajiban-kewajibannya. Pengingkaran dapat diartikan sebagai proses, cara atau perbuatan mengingkari kewajibannya. Arti lain Pengingkaran kewajiban adalah kewajiban yang telah diberikan kepada seseorang tetapi orang tersebut tidak mau menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya. Pengingkaran kewajiban sudah sering terjadi di Indonesia. Negara mempunyai sifat memaksa, sehingga negara mempunyai hak menuntut warga negara untuk menaati dan melaksanakan hukum-hukum yang berlaku di negara.

Pengingkaran-pengikaran tersebut biasanya disebakan oleh tingginya sikap egois yang dimiliki oleh seorang warga negara, sehingga yang ada di pikirannya hanya sebatas bagaimana cara untuk mendapat haknya, sementara yang menjadi kewajibannya dilupakan. Selain itu dapat juga disebabkan oleh rendahnya kesadaran hukum.

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
Pengingkaran kewajiban warga negara banyak sekali bentuknya, mulai dari yang sederhana sampai berat, diantaranya adalah:
  1. Membuang sampah secara sembarangan.
    Membuang sampah sembarangan.
  2. Melanggar aturan berlalu lintas, misalnya tidak menggunakan helm, melanggar rambu-rambu lalu lintas, tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ketika berkendara, maupun lainnya. 
  3. Tidak berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, misalnya mangkir dari kegiatan siskamling. 
  4. Merusak fasiltas umum, misalnya saja mencorat-coret bangunan milik umum, merusak kursi taman, dan lain sebagainya. 
  5. Tidak membayar pajak kepada negara, seperti Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Solusi Untuk Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
Upaya untuk mencegah timbulnya kasus-kasus pengingkaran warga Negara serta untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya melaksanakan kewajiban warga Negara dapat dilakukan dengan:
  1. Melalui kegiatan di sekolah
    Peraturan sekolah adalah tata tertib pada suatu sekolah yang wajib ditaati oleh setiap warga sekolah tersebut, jika melanggarnya akan terkena sanksi dari pihak sekolah. Para guru dapat mengajarkan para siswanya untuk menjadi warga Negara yang baik. 
  2. Melalui kegiatan di masyarakat 
  3. Adanya sanksi yang tegas bagi warga negara yang mengingkari kewajiban sebagai warga Negara.
    Sebagian warga negara Indonesia malas untuk melakukan pajak. Mereka beranggapan bahwa pajak itu tidak ada manfaatnya. Padahal dari pajak itu sudah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku dan pajak itu akan dikembalikan ke masyarakat lagi dengan berbagai bentuk seperti pembangunan jalan, jembatan dan lain sebagainya. Pemerintah akan memberi sanksi atau denda bagi orang yang telat membayar pajak.
  4. Badan-badan penegak hukum tidak boleh deskriminatif. 
  5. Adanya kontrol dari masyarakat

Pengingkaran kewajiban warga negara tersebut apabila tidak segera diatasi akan berakibat pada proses pembangunan negara yang tidak lancar. Selain itu pengingkaran terhadap kewajiban akan berakibat secara langsung terhadap pemenuhan hak warga Negara itu sendiri.
Loading...

0 Response to "Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara dan Solusinya"

Post a Comment

close
Loading...