Fungsi Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak Dan Contohnya

Loading...
Fungsi produk kerajinan dari bahan lunak adalah yang berarti produk tersebut mempunyai fungsi untuk manusia itu sendiri. Fungsi produk kerajinan dapat dibedakan menjadi dua yaitu fungsi karya kerajinan yang digunakan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan untuk benda hias. Seni Kerajinan sendiri adalah sebuah karya seni yang tercipta dari tangan-tangan terampil manusia, dan juga merupakan simbol serta identitas budaya yang tak ternilai harganya.

Kerajinan itu sendiri juga merupakan aset budaya sekaligus juga asset pariwisata. Produk kerajinan mempunyai peran yang tidak sedikit dalam upaya mendongkrak perekonomian rakyat dan kunjungan wisatawan. Produk-produk kerajinan khas daerah daerah di Indonesia sudah mendapat tempat di hati para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Berikut Ini Adalah Fungsi Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak Dan Contohnya

1. Karya Kerajinan sebagai Benda Pakai
Karya kerajinan sebagai benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.Sebagai benda pakai, produk karya kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung. Contoh karya kerajinan sebagai benda pakai antara lain adalah sandal, tikar, topi, dompet, dan sebagainya.
Fungsi Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak (Benda Pakai)
  
2. Karya Kerajinan sebagai Benda Hias
Karya kerajinan sebagai benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan atau elemen estetis. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan. Contoh karya kerajinan sebagai benda hias adalah vas bunga, korden, hiasan dinding dan lain-lain.
Fungsi Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak (Benda Hias)
 
Selain itu ketrampilan dalam pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak itu juga bermanfaat bagi masyarakat ataupun siswa disekolahan. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya:
1. Fungsi ketrampilan kerajinan bagi masyarakat
Untuk memenuhi kebutuhan spiritual manusia, yaitu untuk rekreasi, kesenangan, kedamaian, mengisi waktu luang, dan bermain. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, misalnya dalam bentuk pemberian cindera mata. Fungsi semacam ini dapat dikatakan sebagai fungsi terapi, fungsi spiritual, dan fungsi sosial.

2. Fungsi keterampilan kerajinan dipelajari di sekolah
Proses pembelajaran keterampilan kerajinan, dapat membentuk watak produktif, suka bekerja keras, kreatif, tekun, dan menghargai karya dan budaya sendiri

Demikian artikel tentang fungsi produk kerajinan dari bahan lunak beserta contoh-contohnya. semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

0 Response to "Fungsi Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak Dan Contohnya"

Post a Comment

close
Loading...