Jenis Pameran Seni Rupa (Waktu, Jumlah Peserta, Jenis Karya, Tempat)

Loading...
Pameran karya seni rupa berdasarkan pada ragam jenis karya yang ditampilkan, dibedakan menjadi dua, yaitu pameran homogen dan pameran heterogen. Pameran homogen, artinya pameran yang hanya menampilkan satu karya seni rupa saja, misalnya pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik dan lain sebagainya. Pameran heterogen, artinya pameran yang sekaligus menampilkan berbagai jenis karya seni rupa, misalnya pameran seni kriya, pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik dan karya seni rupa lainnya dilakukan dalam satu ruang pameran dan dilakukan dalam waktu bersamaan.

Pameran seni rupa yang diselenggarakan dalam kaitannya dengan pendidikan seni rupa di sekolah, biasanya merupakan pameran heterogen, karena menampilkan jenis karya seni rupa yang beragam mulai dari lukisan, patung, ukiran, keramik, karya kerajinan, dan karya seni rupa lainnya. Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil, pameran dapat dibedakan ke dalam :
  1. Pameran perorangan atau pameran tunggal
  2. Pameran kelompok, baik kelompok seniman dalam satu sanggar atau satu almamater, kelompok seniman dalam satu aliran dan kelompok lainnya
Jenis Pameran Seni Rupa (Waktu, Jumlah Peserta, Jenis Karya, Tempat)

Pameran sebagai ruang besar untuk mengetengahkan gagasan, memanajemen berbagai maksud dan merepresentasikan objek dan teks, telah menjadi alat ampuh yang harus dilakukan oleh perupa atau pun institusi tertentu. Pemilihan jenis pameran akan berefek pada kebijakan praktis dan politis yang memberi banyak peluang dan hambatan dalam langkah-langkah berikutnya. Merujuk pendapat Susanto (2004) ada beberapa jenis pameran yakni sebagai berikut:

1. Menurut jumlah peserta (tunggal dan bersama)
Pameran tunggal adalah bentuk pameran yang mengetengahkan karya atau seorang yang biasanya diambil dengan sudut pandang tertentu misalnya proses kreatif (seperti karya-karya terbarunya), respons atas kejadian yang menimpa perupa, atau alasan lainnya, sedangkan pameran bersama lebih mengetengahkan kebersamaan dari dalam berpameran atau setidaknya pameran dengan peserta lebih dari satu orang.

2. Menurut waktu/ berkala (annual, biennial, triennial)
Pameran yang mencoba menjadikan waktu sebagai penanda dan bagian dari pijakan pelaksanaannya. Annual adalah pameran yang diselenggarakan tiap satu tahun sekali, sementara biennial adalah pameran yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali, sedangkan triennial adalah pameran yang diselenggarakan tiap tiga tahunan.

3. Menurut jenis karya
Pameran menurut jenis karyanya merupakan pameran yang lebih mengetengahkan unsur-unsur yang ada pada karya seni rupa itu sendiri, baik tema maupun kebijaksanaan pameran yang diambil setelah mencermati karya seni rupa yang dipamerkan. Pameran karya seni rupa berdasarkan pada ragam jenis karya yang ditampilkan dibedakan menjadi dua, yaitu pameran “homogen” dan pameran “heterogen”. Pameran homogen artinya pameran yang hanya menampilkan satu karya seni rupa saja, misalnya: pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik, dan lain sebagainya. Pameran heterogen artinya pameran yang sekaligus menampilkan berbagai jenis karya seni rupa yang dilakukan dalam satu ruang pameran dan dilakukan dalam waktu bersamaan.

4. Menurut tempat (indoor & out door)
Pameran Indoor adalah pameran yang digagas di dalam gedung/bangunan baik di galeri, museum, mall, rumah tinggal, rumah sakit, hotel, restoran, dan lain-lain. Pameran Outdoor adalah pameran yang diselenggarakan di luar ruangan.

Demikian artikel tentang jenis-jenis pameran menurut jumlah peserta, waktu, jenis karya dan tempat.Semoga dapat bermanfaat.
Loading...

0 Response to "Jenis Pameran Seni Rupa (Waktu, Jumlah Peserta, Jenis Karya, Tempat)"

Post a Comment

close
Loading...