Syarat Syarat Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa

Loading...
Pameran seni rupa merupakan serangkaian kegiatan untuk mewujudkan komunikasi anatara pembuat karya seni rupa dengan penonton/ pengunjug. Untuk mewujudkan kegiatan pameran seni rupa yang baik, maka dalam penyelenggaraan pameran ada persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya:

1. Karya Seni Yang Akan Dipamerkan
Karya seni yang akan dipamerkan menurut wujudnya dapat berupa karya seni rupa dua dimensi maupun karya seni rupa tiga dimensi. Menurut jenisnya, karya yang dapat dipamerkan dapat berupa karya seni murni (patung, lukisan, seni grafis) dan karya seni terapan (seni kerajinan, desain, dan lain lain.)


Syarat Syarat Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa

2. Pihak Panitia Penyelenggara Pameran.
Selain karya seni yang akan dipamerkan, pelaksanaan pameran akan berjalan dengan lancar bila ada panitia penyelenggara pameran. Melalui panitia ini karya seni dipilih dan disajikan kapada para pengunjung pameran. Tentunya, untuk menjadi panitia pameran yang profesional perlu mengetahui dan memiliki pengalaman dalam proses dan pelaksanaan pameran dari tahap persiapan, penyelenggaraan, dan sampai tahap akhir pameran.

3. Pengunjung Pameran.
Aspek pengunjung juga sebagai persyaratan dalam penyelenggaraan pameran. Dapat kita bayangkan, bila suatu pameran tidak tidak pengunjung yang datang untuk menyaksikan karya yang dipamerkan. Para pengunjung yang diundang untuk mengunjungi pameran biasanya orang-orang yang dipandang ada kaitannya dengan para seniman, para peminat dan pemerhati seni, tokoh masyarakat, maupun masyarakat umum sebagai ajang apresiasi seni.

4. Tempat Pameran.
Panitia perlu menyediakan tempat pameran yang dipandang representatif untuk penyelenggaraan pameran. Tempat pameran yang dipilih perlu berada pada lokasi yang strategis, yang mudah dijangkau oleh lapisan masyarakat. Selain strategis, aspek keamanan pun perlu diperhatikan. Karya seni yang akan dipamerkan harus terlindungi dari tangantangan usil dan kondisi cuaca misalnya kehujanan, kepanasan dan sebagainya,

Dalam kontek sekolah tentunya guru dapat menyelenggarakan pameran di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan dan menata ruangan kelas, koridor antar kelas, atau ruangan lain yang bisa menampung karya siswa. Pemanfaatan dan penataan ruang kelas dapat dilakukan dengan pemanfaatan dinding ruangan sebagai tempat memajang karya dua dimensi dan meja dapat dimanfaatkan untuk memajang karya tiga dimensi.

Demikian artikel tentang syarat syarat dalam penyelenggaraan pameran seni rupa. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

0 Response to "Syarat Syarat Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa"

Post a Comment

close
Loading...