Tujuan Dan Perbedaan Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Loading...
Sebelum membahas tentang tujuan dan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis, Kita harus tahu dahulu apakah yang dimaksud dengan mitosis dan meiosis terlebih dahulu. Pembelahan mitosis adalah pembelahan inti sel yang menghasilkan dua sel anakan dengan jumlah dan jenis kromosom yang sama dengan sel induknya. Secara genetika pembelahan mitosis menghasilkan dua sel anak yang identik. Sedangkan pembelahan meiosis terjadi pada sel reproduksi, pada pembelahan ini dihasilkan 4 sel anakan, dimana jumlah kromosom dari masing-masing sel anakan setengah dari kromosom induknya.

 
Dilihat dari pengertian di atas dapat dilihat bahwa pembelahan mitosis dan meiosis ini mempunyai tujuan masing masing dan mempunyai perbedaan. Berikut ini adalah tujuan dan perbedaan dari pembelahan mitosis dan meiosis:

Pembelahan mitosis mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut: 

  1. Perbaikan
    Pembelahan mitosis bertujuan untuk memperbaiki sel-sel yang sudah rusak atau meregenerasi sel-sel.
  2. Pertumbuhan
    Selain memperbaiki pembelahan mitosis juga bertujuan untuk pertumbuhan sel baru, dari satu sel kemudian berkembang menjadi banyak. 
  3. Reproduksi
    Pembelahan mitosis juga melakukan reproduksi yaitu dengan membentuk individu baru bersel tunggal.

Pembelahan meiosis mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut: 

  1. Pembentukan sel kelamin (gametogenesis)
  2. Mereduksi, pembelahan meiosis bertujuan untuk mengurangi jumlah kromosom 
  3. Pereduksian pada pembelahan meiosis juga bertujuan untuk membentuk hasil zygot dari pertemuan dua sel kelamin yang selalu sama dengan individu sebelumnya.



Perbedaan Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis 

  1. Pembelahan mitosis hanya terjadi pada sel eukariotik dan pembelahan mitosis terjadi pada semua sel tubuh sedangkan pembelahan meiosis hanya terjadi pada sel gonad pada saat pembentukan sel gamet.
  2. Pada pembelahan mitosis hanya terjadi satu tahap pembelahan dalam satu siklus sedangkan pada pembelahan meiosis terjadi dua kali terdapat dua tahap pembelahan. 
  3. Hasil akhir dari pembelahan mitosis adalah dua sel baru dengan jumlah kromosom yang sama sedangkan pada pembelahan meiosis menghasilkan empat sel baru dengan jumlah kromosom separuh dari kromosom induknya.

Demikian artikel tentang tujuan dan perbedaan dari pembelahan mitosis dan meiosis. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

0 Response to "Tujuan Dan Perbedaan Pembelahan Mitosis Dan Meiosis"

Post a Comment

close
Loading...