Fungsi dan Tujuan Kritik Musik

Loading...
Dengan adanya kritik terhadap musik pasti mempunyai fungsi dan tujuan tertentu karena kritik bisa disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian ataupun perbedaan pandangan pelaku kritik. Tentu pandangan kritikus ini didasari dari latar belakang ilmu pengetahuan dan pengalamannya di dunia musik.

Mengkritik sebaiknya di barengi dengan semangat untuk membenahi, semangat untuk menciptakan kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya, bukan sebaliknya. Dalam kehidupan sosial, kritik mengkritik kerap terjadi. Saya yakin dengan menjaga prinsip-prinsip saling menghormati, realistis dan menggunakan teknik komunikasi yang cerdas, maka kritik akan menjadi perbuatan yang menyenangkan. Berikut ini adalah fungsi dan tujuan kritik musik:


Fungsi dan Tujuan Kritik Musik
Fungsi Kritik Musik
Kritik menjadi jembatan komunikasi antara seniman musik yang selalu dituntut kreativitasnya dan pengamat yang sering mengalami hambatan dalam mengapresiasi karya seniman. Kritik musik itu dapat menambah pemahaman bagi pencipta, pelaku atau penyaji musik dan bagi masyarakat musik itu sendiri. Secara umum fungsi kritik musik adalah sebagai berikut :
  1. Pengenalan tentang karya musik dan memperluas wawasan masyarakat.
  2. Jembatan antara pencipta, penyaji, dan pendengar. 
  3. Evaluasi diri bagi pencipta dan penyaji musik.
  4. Pengembangan mutu karya musik.

Tujuan Kritik Musik
Tujuan kritik seni adalah evaluasi seni, apresiasi seni, dan pengembangan seni ke taraf yang lebih kreatif dan inovatif . Artinya dengan adanya koreksi yang bersifat evaluasi atas karya dan penyajiannya oleh kritikus, masyarakat dan pelaku seni memiliki apresiasi terhadap karya musik. Dengan demikian diharapkan akan ada inovasi dan peningkatan mutu karya musik di masa yang akan datang.

Demikian artikel tentang fungsi dan tujuan kritik musik. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

0 Response to "Fungsi dan Tujuan Kritik Musik"

Post a Comment

close
Loading...