Pengertian Geopolitik Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian Geopolitik Menurut Para Ahli - Dalam perkembangan pemikiran tentang geopolitik, telah muncul banyak definisi dengan beraneka ruang lingkup, pembatasan dan lain sebagainya yang dapat memberikan pemahaman yang berlainan. Geopolitik secara etimologi berasal dari dari kata geo (bahasa Yunani) yang berarti bumi yang menjadi wilayah hidup, sedangkan politik berasal dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara dan teia yang berarti urusan (politik) bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa.

Menurut Sunarso, geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.

Menurut Dorpalen Geopolitic is the science of the earth’s relationship of political processes (Geopolitik adalah ilmu pengetahuan tentang bumi yang berhubungan dengan proses politik) (Dorpalen, 1942. The World of General Haushofer. New York).

Pengertian Geopolitik Menurut Para Ahli
Sedangkan menurut Webster, Geopolitic is a study of the influence of such physical factors as geography, economics and demography upon the politics and esp.the foreign policy of a state (Geopolitik adalah suatu pelajaran dari pengaruh factor fisik seperti geography, ekonomi, penduduk dan politik khususnya kebijakan luar negeri dari suatu negara (Webster).

Menurut Spykman memberikan pengertian geopolitik, ”Geopolitics is the Planning of state security in terms of geographic factors ” (Geopolitik adalah perencanaan dari keamanan Negara yang berkaitan dengan faktor geografi)


Sedangakan menurut Presiden Soekarno dalam amanatnya dalam peresmian Lembaga Pertahanan Nasional di Istana Negara pada tanggal 20 Mei 1965 yang memberikan definisi geopolitik adalah pengetahuan keadaan, pengetahuan segala sesuatu berhubungan dengan geografische constellate suatu negara.

Dari beberpa pendapat ahli di atas dapat disimpulkan Geopolitik secara etimologi berasal dari kata geo (bahasa Yunani) yang berarti bumi yang menjadi wilayah hidup. Sedangkan politik dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara; dan teia yang berarti urusan (politik) bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Sebagai acuan bersama, pengertian geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.

Untuk itulah bagi setiap warga negara, personil TNI dan aparat pimpinan ditingkat pemerintahan maupun swasta yang sedang menduduki posisi atau jabatan penting baik dipemerintahan maupun swasta wajib mengenal dan memahami benar geopolitik khususnya geopolitik Indonesia yang berpedoman pada Pancasila dan wawasan nusantara sehingga wawasan kebangsaannya meningkat serta lebih mempunyai sifat nasionalisme. Tugas pembangunan tidak akan berjalan dengan lancar dan sukses baik mental maupun fisik bila tidak memahami geopolitik dengan baik dan benar.
Loading...

0 Response to "Pengertian Geopolitik Menurut Para Ahli "

Post a Comment

close
Loading...