Susunan Dan Tugas Panitia Pameran

Loading...
Susunan Dan Tugas Panitia Pameran - Untuk mencapai tujuan pameran kita perlu bekerjasama dan membagi tugas sesuai kebutuhan (sangat tergantung dari apa yang dipamerkan, di mana pameran diselenggarakan, dan siapa yang akan menyaksikan pameran tersebut). Susunan dan tugas panitia pameran dalam tingkat sekolah, struktur panitia yang sederhana sudah memadai yang terdiri dari Ketua, Wakil ketua, Sekretaris, Bendahara, dan sejumlah seksi-seksi.

Ketua

Ketua panitia merupakan pimpinan dalam penyelenggaraan pameran yang bertanggungjawab atas kelancaran pelaksanaan pameran. Ketua diharapkan dapat mencari jalan keluar dalam menyelesaikan berbagai masalah yang timbul dari saat perencanaan hingga akhir pelaksanaan pameran. Dalam menjalankan tugasnya, ketua harus mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan semua pihak dalam kegiatan pameran ini.

Wakil Ketua

Secara umum tugas sebagai wakil ketua yaitu sebagai pendamping ketua, dapat bertanggung jawab atas kepengurusan berbagai hal dan memperlancar kegiatan seksi-seksi, serta dapat mengganti ketua/ melaksanakan tugas ketua apabila ketua sedang berhalangan.

Susunan Dan Tugas Panitia Pameran
Sekretaris
Tugas pokok sekretaris dalam suatu kegiatan pameran diantaranya adalah menulis seluruh kegiatan panitia selama penyelenggaraan pameran. Pembuatan surat-surat pemberitahuan kepada kepala sekolah, orang tua, kepada dinas terkait. Tugas sekretaris lainnya adalah mengarsipkan surat-surat penting tersebut dan menyusunnya sesuai tanggal, waktu pengeluaran surat-surat secara cermat dan teratur. Selain itu, bersama dengan ketua dapat membuat laporan kegiatan sebelum, saat dan sesudah pameran.

Bendahara
Tugas pokok seorang bendahara yaitu bertanggung jawab secara penuh tentang penggunaan, penyimpanan, dan penerimaan uang dana yang masuk sebagai biaya penyelenggaraan pameran. Bendahara harus dapat menyusun laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dan pengelolaan keuangan selama pameran berlangsung.

Seksi Kesekretariatan
Seksi kesekretariatan bertugas membantu sekretaris dalam pembuatan dokumen tertulis seperti surat-menyurat, penyusunan proposal kegiatan, dan mencatat segala sesuatu yang terjadi hingga pameran berakhir.

Selain susunan panitia pameran inti di atas, seksi-seksi pun dibentuk sebagai penunjang pelaksanaan pameran agar lancar, di antaranya adalah:
Seksi usaha
Tugas seksi usaha adalah wajib membantu Ketua dalam pencarian dana/ sumbangan dari berbagai pihak, untuk membantu biaya pameran. Sumbangan tersebut dapat berupa uang atau barang yang sangat diperlukan dalam penyelenggraan pameran.

Seksi Publikasi dan Dokumentasi
Seksi publikasi bertugas untuk menyampaikan kepada masyarakat umum atau warga sekolah tentang akan diadakannya pameran. Penyampaian ini dapat melalui berbagai media, seperti dengan surat-surat pemberitahuan, spanduk kegiatan, pembuatan poster pameran, katalog, undangan, dan sebagainya. Seksi publikasi juga bertugas untuk membuat laporan dokumentasi pameran, dengan jalan mengumpulkan hasil pemotretan tentang kegiatan dari awal sampai selesai. Dokumentasi pameran ini sangat penting sebagai tolok ukur dan wawasan di masa mendatang.

Seksi Dekorasi dan Penataan ruang

Seksi Dekorasi dan Penataan ruang pameran bertugas mengatur tata ruang pameran. Seksi ini selain bertugas untuk menghias ruang pameran juga bertugas mengatur denah dan penempatan karya yang dipamerkan.

Seksi Stand
Seksi stand atau petugas stand adalah yang bertugas menjaga kelancaran pameran, mengatur dan mengarahkan pengunjung mulai dari masuk sampai ke luar dari ruang pameran. Petugas penjaga stand diharapkan melayani para pengunjung secara ramah dan sopan membantu memberikan informasi tentang karya-karya yang dipamerkan.

Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya

Karya yang akan dipamerkan dikumpulkan dan dipilih, dikategorikan sesuai dengan tema pameran yang ditentukan. Seksi pengumpulan dan seleksi karya bertugas melakukan pencataan dan pendataan karya dan nama seniman, judul, tahun pembuatan, kelas, harga dll, serta melakukan pemilihan karya yang akan dipamerkan.

Seksi Perlengkapan

Seksi Perlengkapan memiliki tugas untuk mengatur berbagai perlengkapan dan fasilitas lain yang digunakan dalam penyelenggaraan pameran. Seksi ini bekerjasama dengan seksi dekorasi dan penataan ruang untuk mempersiapkan tempat penyelenggaraan pameran serta berkordinasi secara khusus dengan seksi pengumpulan dan seleksi karya dalam pengumpulandan pemilihan karya.

Seksi Keamanan

Tugas seksi keamanan dinataranya menjaga ketertiban dan keamanan lokasi pameran khususnya kemanan karya-karya yang dipamerkan.

Seksi Konsumsi

Saat pembukaan pameran umumnya disediakan hidangan bagi tamu undangan. Seksi Konsumsi bertugas menyediakan dan mengatur konsumsi ketika pembukaan pameran tersebut. Seksi konsumsi juga bertanggung jawab menyediakan dan mengatur konsumsi dalam kegiatan kepanitian pameran

Demikian artikel tentang susunan dan tugas panitia pameran. semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

0 Response to "Susunan Dan Tugas Panitia Pameran"

Post a Comment

close
Loading...