Contoh Tema Pameran Seni Rupa

Loading...
Contoh Tema Pameran Seni Rupa Di Sekolah – Dalam menetukan tema pameran harus ditentukan setelah tujuan pameran dirumuskan. Penentuan tema berfungsi untuk memperjelas tujuan yang akan dicapai, dengan adanya tema dapat memperjelas misi pameran yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu dalam pemilihan tema sebaiknya di diskusikan dengan teman-teman anda terlebih dahulu, agar tema yang di pilih tidak mengecewakan.

Banyak hal atau peristiwa yang dapat menjadi sumber gagasan untuk menetapkan tema pameran. Hari-hari peringatan nasional dapat menjadi tema inti pameran! Misalnya Hari Kartini atau Hari Lingkungan Hidup. Peristiwa-peristiwa penting dapat menjadi sumber inspirasi untuk menentukan tema pameran. Misalnya, saat tanggal 17 agustus (hari kemerdekaan) dapat menjadi inspirasi untuk melakukan pameran tentang seni rupa yang isinya berkaitan dengan perjuangan para pahlawan. Selain itu dapat pula pameran diselenggarakan dengan tema yang ditentukan sendiri berdasarkan pilihan hasil rapat. 
Contoh Tema Pameran Seni Rupa

Berikut ini adalah contoh tema pameran seni rupa:
1. Sisi Lain Kartini
Contoh tema ini di ambil agar nilai-nilai positif dari perjuangan tokoh nasional RA Kartini tersebut bisa diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama semangat pantang menyerah RA Kartini semasa hidupnya dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

2. The Magnificence of Yogyakarta
Contoh tema pameran seni rupa di atas dapat digunakan untuk menampilkan produk kerajinan seni rupa dari daerah yogyakarta.

3. Ulu Balang

Tema tersebut di ambil dari tokoh penjaga nilai-nilai kebudayaan dalam masyarakat suku Batak Toba. Tujuan dari pameran ini untuk menampilkan karya seni rupa Sebagai bentuk perlawanan terhadap perusak lingkungan di daerah tanah toba.

4.  Dedikasi untuk Negeri
Penggunaan tema ini karena tujuan pameran seni rupa yang akan berlangsung adalah untuk menginspirasi terciptanya generasi muda bangsa yang profesional, ahli, dan berkompeten serta sebagai ajang memperkenalkan karya-karya kreativitas peserta pameran.

5. Melalui Seni Bersama Melangkah Menggapai Mimpi
Maksud dari kegiatan pameran seni rupa dengan tema ini adalah dengan adanya seni kita akan berpikir secara kreatif sehingga dengan kreativitas tersebut kita bisa mengekspresikan diri dengan kreativitas yang kita miliki sebagai motivasi untu menggapai apa yang kita impikan di masa mendatang.

6. Di Balik Yang Tersirat
Penggunaan tema ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa proses perjalanan hidup seseorang harus senantiasa mengingat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagai pencipta yang memberi rahmat dan anugerah kepada setiap hamba-Nya.

Demikian artikel tentang Contoh Tema Pameran Seni Rupa. Semoga dapat bermanfaat untuk anda
Loading...

0 Response to "Contoh Tema Pameran Seni Rupa "

Post a Comment

close
Loading...