5 Unsur Dasar Bela Negara

Loading...
Unsur Dasar Bela Negara - Bela negara merupakan benteng bagi negara dalam menyelamatkan kelanggengan kehidupan berbangsa. Peningkatan kualitas eksistensi negara membutuhkan semangat dan bela negara dimasyarakatnya, tanpa itu dapat dipastikan kehidupan berbangsa akan mudah goyah, luntur, dan pada akhirnya Negara itu akan hancur. Bela negara merupakan sikap setiap individu dengan semangat kejuangan pantang menyerah dalam jiwa Sapta Marga, dilandasi keimanan dan ketakwaan, berniat tekad bulat tanpa pamrih dan berani rela berkorban melaksanakan bela negara dengan didasari sikap profesionalitas dan integritasnya untuk bersama-sama mencapai tujuan negara yang aman dengan landasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi kejayaan negara.

Didalam proses pembelaan bangsa, ada beberapa unsur dasar bela negara yang menjadi unsur penting, diantaranya adalah :

1. Cinta Tanah Air
Yaitu mengenal dan mencintai wilayah nasionalnya agar selalu waspada dan siap membela Tanah Air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara oleh siapapun dan dari manapun. Sehingga setiap warga negara akan mengenal dan memahami wilayah nusantara dengan baik, memelihara, melestarikan dan mencintai lingkungannya, serta senantiasa menjaga nama baik dan mengharumkan negara indonesia dimata dunia.
5 Unsur Dasar Bela Negara

2. Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara
unsur dasar bela negara yang kedua yaitu Sadar berbangsa dan bernegara indonesia dalam bentuk tingkah laku, sikap dari kehidupan secara pribadi dalam kehidupan sesuai dengan kepribadian bangsa selalu mengkaitkan dirinya dengan pencapaian cita-cita dan tujuan hidup bangsa Indonesia membina kesadaran, kesatuan dan persatuan mencintai budaya bangsa dan selalu mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan.

3. Yakinkan Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Yakin akan kesaktian pancasila sebagai satu-satunya falsafah dan ideologi bangsa dan negara, yang telah terbukti kesaktiannya dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara guna tercapai tujuan nasional.

4. Rela Berkorban Untuk Bangsa Dan Negara
Rela berkorban untuk bangsa yaitu rela berkorban waktu, tenaga, pikiran dan harta benda untuk kepentingan bangsa. Rela berkorban untuk negara adalah rela berbakti tanpa pamrih yang diberika oleh seorang Warga Negara terhadap tanah airnya dengan penuh kesadaran, keikhlasan, dan tanggung jawab untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan Negara Republik Indonesia

5. Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara
unsur dasar bela negara yang kelima ini yaitu Secara psikis (mental) memiliki sifat-sifat disiplin, ulet, kerja keras, percaya akan kemampuan sendiri,jujur dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan nasional. Secara fisik (jasmani) memiliki kondisi kesehatan dan keteranpilan yang dapat mendukung kemampuan awal bela negara.

Demikian artikel tentang 5 unsur dasar bela negara. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

0 Response to "5 Unsur Dasar Bela Negara"

Post a Comment

close
Loading...