Asas Wawasan Nusantara

Loading...
Asas Wawasan Nusantara - Asas atau prinsip merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asas-asas muncul dari asas penelitian dan tindakan. Asas sifatnya permanen, umum dan setiap ilmu pengetahuan memiliki asas yang mencerminkan intisari kebenaran-kebenaran dasar dalam bidang ilmu tersebut. Asas adalah dasar tapi bukan sesuatu yang absolut atau mutlak. Artinya penerapan asas harus mempertimbangkan keadaan keadaan khusus dan keadaan yang berubah-ubah. Pengertian asas wawasan nusantara adalah ketentuan dasar yang harus dipatuhi, dipelihara dan diciptakan demi terwujudnya ketaatan unsur pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama.

Tujuan asas wawasan nusantara adalah menjamin kepentingan nasional dalam dunia yang serba berubah dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia. Asas wawasan nusantara terdiri atas kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerjasama dan kesetiaan. Hal ini seluruhnya merupakan asas wawasan nusantara yang betul-betul harus dilaksanakan demi terjaganya persatuan dalam kebhinekaan.

Asas Wawasan Nusantara

Asas Wawasan Nusantara Dalam Menjaga Kebhinekaan
Adapun asas wawasan nusantara dalam menjaga kebhinekaan antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Asas kepentingan bersama
    Asas ini tercermin pada saat menghadapi penjajah untuk merebut kemerdekaan. Setelah Indonesia merdeka, asas ini merupakan asas dan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan tujuan nasional sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945.
  2. Asas keadilan
    Asas ini tercermin dalam tata pergaulan dengan tidak merugikan para pihak dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi atau golongan.
  3. Asas kejujuran
    Yakni semua perbuatan yang sesuai dengan realita dan hukum
  4. Asas solidaritas
    Asas ini merupakan asas saling memahami dan saling menghargai antar sesama dengan tidak membedakan, suku, ras, agama, golongan dan sebagainya.
  5. Asas kerjasama
    Yaitu asas yang menerapkan kebersamaan dengan cara gotong royong.
  6. Asas kesetiaan
    Yaitu asas setia terhadap kesepakatan bersama.

Dengan latar belakang budaya, sejarah serta kondisi dan konstelasi geografi serta memperhatikan perkembangan lingkungan strategis, maka arah pandang wawasan nusantara meliputi :

1. Ke dalam
Bangsa Indonesia harus peka dan berusaha mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa dan mengupayakan tetap terbina dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan. Tujuannya adalah menjamin terwujudnya persatuan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional baik aspek alamiah maupun aspek sosial.

2. Ke luar
Bangsa Indonesia dalam semua aspek kehidupan internasional harus berusaha untuk mengamankan kepentingan nasional dalam semua aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan demi tercapainya tujuan nasional. Tujuannya adalah menjamin kepentingan nasional dalam dunia yang serba berubah dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.
Loading...

0 Response to "Asas Wawasan Nusantara "

Post a Comment

close
Loading...