Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Internal dan Eksternal

Loading...

Upaya Menjaga Keutuhan NKRI Baik Secara Eksternal Dan Internal - Sejak proklamasi kemerdekaan, keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami pasang surut. Gangguan demi gangguan yang berusaha membubarkan Republik Indonesia sudah banyak terjadi, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri.

Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di lingkungan internal adalah mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia supaya tetap utuh dan bersatu. Globalisasi begitu cepat hadir dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada dewasa ini. Fenomena globalisasi ini tentu membawa angin perubahan terhadap kondisi kemasyarakatan di masa mendatang. Kecepatan arus informasi dalam mendistribusikan opini dan berita publik telah sedemikian tepatnya mengubah pandangan dan wawasan seseorang. Proses perubahan yang demikian cepat akibat globalisasi tersebut membawa dampak yang tidak kecil bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat bagi Indonesia.

Di Indonesia sampai detik ini masih berpotensi atas ancaman terhadap kedaulatan negara yang berbentuk konflik perbatasan, pelanggaran wilayah, gangguan keamanan maritim dan dirgantara, gangguan keamanan di wilayah perbatasan berupa melintas batas secara ilegal, kegiatan penyelundupan senjata dan bahan peledak, masalah separatism, ancaman terorisme dalam negeri dan sebagainya.
Upaya Menjaga Keutuhan NKRI Baik Secara Eksternal Dan Internal

Tantangan Bangsa Indonesia Secara Eksternal
Tantangan eksternal adalah segala bentuk gangguan yang berasal dari luar negeri yang dapat menggoyahkan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI). Faktor tantangan eksternal merupakan faktor yang timbul dari luar negara Indonesia, jika masyarakat Indonesia sendiri tidak menyadarinya, rakyat akan dengan mudah tercerai berai. Berikut adalah macam-macam tantangan eksternal:
  1. Campur tangan asing
  2. Masuknya budaya asing

Tantangan Bangsa Indonesia Secara Internal
Tantangan secara internal adalah segala bentuk gangguan yang berasal dari dalam negeri yang dapat menggoyahkan kesatuan dan persatuan NKRI. Gangguan-gangguan itu dapat menghambat pembangunan nasional untuk menghadapi tantangan yang tidak ringan. Perubahan pada aspek kultur dan tata nilai, diarahkan pada sikap dan perilaku penyelenggara pertahanan negara dalam memposisikan tugasnya sebagai insan pertahanan negara yang profesional. Berikut ini adalah macam-macam tantangan internal:
  1. Potensi kekayaan budaya dan ketidakadilan ekonomi
    Gerakan separatisme muncul akibat adanya aspirasi yang tersumbat atau tidak sampai ke pemerintahan pusat, juga tidak adanya keadilan ekonomi dan pembangunan yang merata di beberapa daerah. 
  2. Perpecahan dan disintegrasi
    Apabila mengubah NKRI, maka sudah dapat dipastikan akan banyak daerah di Indonesia yang akan memisahkan diri dan mendirikan negara sendiri, tidak semua daerah yang berbeda kultur dan budaya akan bisa menerima konsep baru. 
  3. Pertikaian horizontal
    Mengubah NKRI Sama halnya dengan merombak total bangunan Negara Republik Indonesia. Dengan demikian, jika kita tidak berlaku sebagaimana mestinya sebagai bangsa indonesia, Jika kita salah mengurus negara ini, tidak mustahil kita sendiri yang akan menghancurkan negara tercinta.

Berikut Ini Adalah Upaya Menjaga Keutuhan NKRI:
  1. Saling menghormati perbedaan.
  2. Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan. 
  3. Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia. 
  4. Memiliki semangat persatuan yang berwawasan Nusantara, yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan sosial. 
  5. Menaati peraturan agar kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan tertib dan aman. Jika peraturan dilanggar maka akan terjadi kekuasaan yang dapat menimbulkan perpecahan.
Loading...

0 Response to "Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Internal dan Eksternal"

Post a Comment

close
Loading...